banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Terkait Dugaan Penyelewengan Dana TKG, Ini Penjelasan Kadisdik Nias Barat

  • Bagikan

 

Nias Barat – Viralnya dugaan indikasi penyelewengan tunjangan Khusus Guru Terpencil (TKG) PNS dan Non PNS di Kabupaten Nias Barat, anggaran tahun 2021 pada Triwulan IV yang diduga belum tersalurkan ke penerima manfaat (Guru) sampai saat ini belum ada perkembangannya, dan masih mengambang, Senin (04/07/2022).

Dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat Non Fisik dimana seperti diberitakan sebelmnya bahwa menurut Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) kepada beberapa Media minggu yang lalu menyebutkan bahwa Anggaran Tunjangan Khusus Guru ,(TKG) untuk guru PNS atau Non PNS Nias Barat tahun 2021 ada di kas Daerah sekura Rp. 6 Milyar.

Sementara itu menurut keterangan Kadis Pendidikan Nias Barat, Hadrianus Hia, bersama Kabid PTK, Rekman, Menyebutkan bahwa, ” Dana tersebut bukan tidak di Salurkan Dinas Pendidikan, Tunjangan Khusus Guru Terpencil (TKG) Cawu IV 2021 itu belum ada di DPA Dinas Pendidikan.” Kata Hadrianus Hia memberikan klarifikasinya kepada awak media pada Senin 04 Juli 2022 di kantornya.

Lanjutnya, ” Saya sebagai Kadis Baru Masuk bulan November 2021 dan juga Kabid baru mulai bulan Desember 2021. Sehingga kami tidak bisa memasukan di APBD 2022 ini,  Nanti kami upayakan Masuk Di P-APBD Th 2022.” Ungkap Hadrianus.

Dilokasi yang berbeda pada hari yang sama, Tim Media ini mencoba menemui dari beberapa orang guru penerima Tunjangan Khusus Guru Terpencil (TKG), bahwa,

” Kita tunggu saja apa yang di sampaikan oleh pak Kadis itu benar untuk dimasukkan kedalam P-APBD 2022 ini.” Tutur salah satu Guru yang enggan disebutkan namanya.

” Semoga bisa terwujud sesuai yang kami harapkan, tunjangan TKG bisa segera diajukan kadis pendidikan Nias Barat, karna itu merupakan hak kami dan juga merupakan suatu penghargaan ke kami dari pemerintah.” Harapnya.

Sabar Halawa

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *