banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Sambangi Gayo Lues Dekranasda Aceh Kritisi dan Beri Saran Kerapian Hasil Kerajinan Pengrajin Kerawang Gayo

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Ketua Dekranasda Aceh DR.Ir.Dyah Erti Idawati, MT kunjungi Gayo Lues untuk laksanakan penilaian terhadap Dekranasda se Aceh. Sabtu (14/05/2022)

“Saat ini Kunjungan Dekranasda dalam rangka melakukan pembinaan sekaligus penilaian terhadap desa kerajinan yang tersebar di kabupaten kota. 23 Kota Kabupaten salah satunya di Gayo Lues” jelas Ibu Dyah.

Ibu Dyah juga menyebutkan bahwa Sebelumnya tim Dekranasda Aceh telah mengunjungi Bener Meriah, Aceh Tengah dan Saat ini Gayo Lues. Direncanakan pada minggu 14 Mei 2022 akan mengunjungi Aceh Tenggara.

Menurut Ibu Dyah bahwa begitu banyak potensi warisan leluhur yang di miliki oleh Gayo Lues dalam hal ini motif baju kerawang yang melekat erat dengan tari saman. Namun Ibu Dyah mengkritisi dalam hal kerapian dan kualitas.

“Kualitas dan kerapian, tentang ini kita dorong terus Dekranasda Kabupaten juga dengan pemerintah kecamatan, pemerintah Kampung ya untuk bisa membina menjadi perpanjangan tangan kami untuk terus menerus membina dalam hal kerapiannya, sinergitas dalam tren-trennya, model modelnya yang sesuai dengan kekinian sehingga bisa di minati oleh masyarakat”. Terang nya.

Tidak hanya mengkritisi namun Ketua Dekranasda Aceh juga memberikan saran kepada para pengrajin kerawang Gayo agar jangan mudah berpuas diri dan terus meningkatkan kerapian karya. Rasa letih dan rasa lelah akan membuahkan hasil yang lebih menurutnya.

“Gak mau capek gak mau lama itu akhirnya jadi eksekusi nya barangnya jadi ndak rapi. Dan kita udah coba berikan masukan- masukan dan mudah-mudahan dalam Rakerda kedepan ini yang tidak lama lagi, yaitu dua minggu lagi bisa ada perbaikan-perbaikan sehingga nanti kan barangnya dinilai lagi.” Ungkapnya.

Menurut Ibu Dyah bahwa dengan peningkatan dan perbaikan kembali yang di lakukan selama 2 Minggu ini maka Gayo Lues bisa menang dalam penilaian pameran nantinya.

Pada kesempatan itu hadir pula Mewakili Ketua Dekranasda Gayo Lues Ibu Sekda Gayo Lues Hj. Nurmasidah Rasidin Porang. Dan Turut mendampingi pula Riduansyah ST Kepala Dinas Perindustrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *