banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Puluhan Personel Kodim 0113/Gayo Lues Diberikan Pembekalan Resusitasi Jantung Paru

  • Bagikan

Gayo Lues, Infogayo | Sebanyak 50 Personel Kodim 0113/Gayo Lues diberikan pembekalan tentang Resisitasi Jantung Paru (RJP) di Ruangan Makodim Tersebut, Jumat, (18/6/21), materi disampaikan Kepala Puskesmas Kota Blangkejeren doktor Witono.

Dandim 0113/ Gayo Lues Letkol Inf Yudhi Hendro Prastyo menyampaikan, pembekalan yang diberikan kepada prajirit TNI ini dinilai sangat perlu dilakukan sebab pada Prinsipnya, RJP adalah tindakan penyelamatan jiwa seseorang yang mengalami henti napas.

“Resusitasi Jantung Paru (RJP) adalah tindakan yang diberikan pada seseorang yang mengalami henti napas dan henti jantung oleh sebab apapun, misalnya serangan jantung, kecelakaan, tenggelam termasuk olah raga”, jelas Dandim.

Dia mencontohkan, pada saat kita melaksanakan kegiatan olah raga dilapangan misalanya ditemenemukan seseorang yang terkapar karena kelelahan atau mengalami dehidrasi atau kekurangan dalam menghirup udara, maka perlu dilakuakn tindakan RJP

Lebih lanjut Dijelaskannya, tindakan ini merupakan tindakan penyelamatan nyawa yang harus dilakukan segera ketika seseorang kehilangan kemampuan untuk bernapas secara normal serta kehilangan fungsi pompa jantung untuk bersirkulasi.

“RJP dilakukan untuk mempertahankan sirkulasi darah, terutama ke organ-organ vital, terutama otak”, tukasnya.

Dandim Berharap setelah pembekalan ini Personil kodim tersebut yang mengikuti pembekalan dapat memahami tentang melakukan tindakan dengan menerapakan RJP.(RED)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *