banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Puluhan Hektar Sawah Dua kampung di Kecamatan Tripe Jaya Terendam Banjir

  • Bagikan

.
Gayo Lues, Infogayo | Puluhan Hektar sawa yang berada dibantaran sepanjang sungai Kuala Tripa Kampung Pasir sampai kampung Pulo Gelime kecamatan Tripe Jaya terendam banjir. Banjir terjadi akibat luapan sungai Kuala Tripa yang mengalir dari Blangkejeren melintasi Sepanjang desa yang ada di kecamatan Tripa jaya. Diakibatkan dari curah hujan yang tinggi hingga sungai meluap dan membobol Beronjong yang membentengi areal persawahan desa Pasir dan Pulo Gelime.
Anggota DPRD Gayo Lues dari Dapil dua H. Ibnu Hasim pada selasa 23/11/21 menyebutkan akibat banjir yang terjadi pada senin malam 22/11/21 ratusan hektar sawa masyarakat dari desa Pasir Sampai ke desa Pulo Gelima terendam banjir. Akibatnya kedua desa tersebut terancama gagal Panen. Banjir kerap terjadi desa tersebut akibat beronjong sebagai benteng sawa Masyarakat di dua kampung tersebut sudah mengalami kerusakan digerus air sungai.
Meluapnya air sungai ke areal persawahan masyarakat terjadi akibat curah hujan yang tinggi penyebab lain adanya pendangkalan sungai Kuala Tripa hingga tidak dapat menampung debit air yang besar dari hulu sungai yang berada dari kecamatan Blangjerango, kuta Panjang dan Dabun Gelang, Blang Pegayon dan Blangkejeren.
Ibnu memintah agar Pemerintah Daerah bisa membangun beronjong dibantaran Kampung Pasir dan Pulo Gelime yang sudah terkena abrasi. Permintaan tersebut untuk meringankan beban masyarakat yang setiap tahunnya terancam oleh luapan sungai Kuala Tripa. Apalagi beronjong yang lama dibangun sudah mengalami kerusakan karena terhantam arus sungai yang besar.
Menanggapi hal tersebut Suhaidi kepala pelaksanan BPBD Gayo Lues mengatakan akan menurunkan TIM Survey kelokasi banjir dan melaporkan kepada Pimpinan bila kondisi memang perlu penangan yang serius akan kita musyawarahkan bersama pimpinan bagaimana solusinya agar masyarakat bisa terlindungan dari luapan sungai Tripa dengan aman dan nyaman. (SL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *