banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

PT. Bagehara Siapkan Lahan untuk Tanaman Nilam di Gayo Lues

  • Bagikan

Gayo Lues, Infogayo | Direktur PT. Bagehara, Muammar menyebutkan, perusahaan yang dipimpinnya beserta Koperasi king bekerjasama dengan PT.General aromatic bergerak di pengembangan minyak atsiria akanmempromosikan tanaman Nilam Gayo Lues keberbagai daerah.

Dalam keterangan tertulisnya, Muammar menjelaskan, sebagai generasi bangsa ini salah satu sikap yang perlu diambil, ikut serta dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Banyak lahan yang sudah dibebaskan karena merusak hutan lindung, kita memberi solusi pengganti dengan menanam tanaman nilam yang akan dibantu langsung oleh koperasi king dan berkerjasama dengan PT.General aromatics untuk kembali memanfaatkan lahan yang sudah dibebaskan,” ujarnya (03/04/2021).

Muammar mengatakan, nilam sangat membantu perekonomian masyarakat dikarenakan harga yang tinggi. Bagi masyarakat yang tidak mau ribet dalam penyulingan koperasi king juga menerima pembelian daun kering, jadi ada pilihan untuk masyarakat.

Ia menerangkan, diperkiraan dalam satu bulan minyak nilam bisa dikumpulkan sekitar 4 ton sebulan seluruh Gayo Lues.

“Kami salah satu pengiat pengusaha muda sangat bersemangat melihat prospek minyak nilam kedepannya, PT. Bagehara mitra group akan mengambil sikap mempromosikan serta sudah menyiapkan lahan yang akan ditanami nilam begitu juga dengan teman teman pemuda generasi Gayo Lues bahwa nilam peluang yang besar sebagai peningkatan ekonomi masyarakat” terangnya.

Ia merincikan, dalam ketinggian lahan 800 sampai 1000 di atas permukaan laut, untuk 1 hektar membutuhkan bibit 32 karung kecil ukuran 3 tem, masa panen 7 sampai 8 bulan dan perkiraan minyak sekitar 192 kg harga.

“Saat ini harga Rp.620.000/Kg total sekali panen Rp.119.004.000, semoga kerja sama kami bisa membangkitkan semangat masyarakat dalam berkebun. Salam hangat dari kita untuk kita,” katanya.

Sementara Ketua Koperasi King, Kasmawati menerangkan, pasar eropa telah mengakui Nilam Gayo Lues sangat bagus dan mereka memesan agar tidak mencampur dengan minyak nilam manapun karna minyak nilam Gayo Luesues sudah diakui kualitasnya di eropa, kadar yang dihasilkan nilam gayo 27-30 = 34% skala( T )buku PA. 23-24= skala (R) PA,

“Perusahaan luar sudah mengekspos pasar nilam Gayo dan menyatakan nilam Gayo Lues yang terbaik,” ujarnya (RED)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *