banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

PKKG Bahas Hasil Penelitian Mahasiswa IPB Tentang Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo Serbejadi

  • Bagikan

 

ACEH TENGAH, BARANEWS | Keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna memiliki hubungan yang erat dengan kebudayaan, termasuk bahasa. “Keanekaragaman hayati, khususnya Tumbuhan Kunci Budaya (TKB) dalam masyarakat Gayo ini yang coba dibincangkan melalui Pusat Kajian Kebudayaan Gayo (PKKG). Lebih khusus lagi, masyarakat Gayo Serbejadi, Aceh Timur,” kata Yusradi Usman al-Gayoni, Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Senin (27/6/2022)

Bincang “Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo,” lanjutnya, dinarasumberi Syahlan Faluthi, alumnus Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB). “Syahlan meneliti langsung ke Serbejadi, Oktober 2020 sampai November 2021,” sebut Yusradi.

Menurut pengkaji Ekolinguistik (Ekologi Bahasa) itu, pengetahuan terkait Tumbuhan Kunci Budaya dapat memberikan informasi mengenai pengelolaan sumber daya alam oleh masyarakat. “Spesies tumbuhan apa saja yang berperan dalam kebudayaan masyarakat Gayo Serbejadi, bagaimana etnotaksonomi tumbuhan kunci budaya pada masyarakat Gayo Serbejadi, dan cara masyarakat Gayo Serbejadi memperoleh tumbuhan yang menjadi spesies kunci budaya, itu yang jadi fokus perbincangan Pusat Kajian Kebudayaan Gayo kali ini,” sebut Yusradi.

Etnotaksonomi sendiri, jelas penulis buku “Ekolinguistik” tersebut, merupakan kajian konservasi yang berkenaan dengan keanekaragaman hayati berdasarkan bahasa lokal pada suatu komunitas masyarakat. “Dengan kata lain, etnotaksonomi merupakan pengklasifikasian keanekaragaman hayati berdasarkan namanya dalam bahasa lokal. Dalam hal ini, dalam bahasa Gayo yang dipakai masyarakat Gayo yang ada di Serbejadi,” tegasnya.

Dilanjutkannya, orang Gayo Serbejadi tinggal di Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Kecamatan Serbajadi, sebutnya, termasuk ke dalam wilayah KEL, terdiri dari 18 desa, dengan 1 desa persiapan. Luas total 2165,66 km2. Secara administrasi, Kecamatan Serbajadi berbatasan dengan Kecamatan Penaron dan Pante Bidari di sebelah Utara, Simpang Jernih di sebelah Timur, Kabupaten Gayo Lues di sebelah Selatan, serta Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah di sebelah Barat.

Bincang “Tumbuhan Kunci Budaya Masyarakat Gayo” akan digelar secara terbuka pada Rabu malam (29/6/2022) melalui Zoom Meeting, dimulai jam 19:30-21:00 WIB, dan bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/82444587624?pwd=tswytB3RaHg79VN7zvpX3HJnpHi1JK.1,
Meeting ID: 824 4458 7624, dan Passcode: 602748

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *