banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Pemkab Gayo Lues rembukkan isu prioritas Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Pemkab Gayo Lues rembukkan isu prioritas Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, Senin (28/03/2022).Diskusi dengan judul Penyusunan Dokumen Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD), pertemuan di dilaksanakan di Op Room Setdakab Gayo Lues. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai instansi pemerintah kabupaten dan kecamatan, LSM sertaPemerhati Lingkungan.

DLHK Provinsi Aceh, Ir. Zulfahmi, MT meminta agar semua stakeholder bisa bersikap kritis dan analitik dalam merumuskan persoalaan lingkungan yang menjadi prioritas di Kabupaten.

“Pertemuan ini bukan untuk memecahkan masalah, kita mencari permasalahan, menganalisis apa yang menjadi permasalahan lingkungan kita, sebelum mencari solusinya” ujar Zulfahmi.

Pihak DLHK Provinsi Aceh menyiapkan form penilaian isu prioritas Pemerintah Daerah bagi para anggota diskusi. Form tersebut menyangkut poin-poin persoalan yang akan diakumulasikan untuk melihat tingkat kepentingan pemasalahan untuk menerima penanganan lebih awal.

Kasimuddin Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gayo Lues, Ia menuturkan persoalaan lahan berpindah menjadi persoalan yang alot selama ini. Maraknya masyarakat yang terus membuka lahan baru dan mengganti hutan dengan tumbuhan berumur pendek dapat mengikis habis Hutan Gunung Leuser.

“Beberapa masyarakat kita, dalam jangka 1-2 tahun terus membuka lahan baru, karena merasa lahan yang telah digunakan sudah kehilangan kesuburannya karena dicocoki dengan tanaman berumur pendek, kalau terus begini, bukan tidak mungkin hutan kita bisa habis dalam beberapa tahun kedepan” jelasnya.

Diskusi tersebut berlanjut dengan berbagai persoalan yang diadukan oleh anggota diskusi. Sementara itu DLHK Provinsi Aceh melihat kondisi ini sebagai hal positif dalam diskusi. Ia menyebutkan dengan aktifnya anggota diskusi, maka ide-ide akan dapat ditampung untuk merumuskan kesepakatan terakhir nantinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *