banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Pemkab Gayo Lues Kejar Target Vaksin Dosis Kedua

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Meskipun proses vaksinasi untuk dosis pertama di Kabupaten Gayo Lues sudah mencapai 70,25 persen. Di tahun 2022 ini proses vaksinasi untuk dosis kedua juga akan terus ditingkatkan, meskipun belum ada warning dari Pemerintah Pusat. Untuk itu Bupati Gayo Lues bersama unsur Forkopimda dan seluruh pihak terkait lainnya adakan rapat koordinasi terkait penanganan Covid-19 di ruang kerja Bupati Gayo Lues, Selasa (11/01/2022). Rakor juga diikuti oleh para Forkopimcam secara virtual melalui zoom meeting.

Pada kesempatan ini, Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru menyampaikan bahwa vaksin yang diberikan kepada masyarakat Gayo Lues untuk usia 12 tahun sampai lansia, dengan sasaran 74.500 telah dilaksanakan. Adapun upaya optimal yang dilakukan juga telah membuahkan hasil, setidaknya kita tidak berada pada zona merah. Karena vaksinasi yang dilaksanakan sudah mencapai angka 75,29 persen untuk dosis pertama. Angka ini tidak lebih tinggi juga diakibatkan karena adanya kesalahan dalam mengupload data. Untuk itu, kedepan Bupati Gayo Lues terus menghimbau agar petugas pengolah data vaksin dapat terus dibenahi dan di update agar tidak mengurangi persentase di Kabupaten Gayo Lues.

Mulai besok proses vaksinasi untuk dosis kedua akan segera dilaksanakan, mengingat capaian vaksinasi untuk dosis kedua masih berada pada angka 52 persen. Kepada masyarakat yang divaksin akan diberikan stimulus berupa distribusi logistik atau sembako. Kepada setiap desa agar menggunakan anggaran sebanyak 8 persen untuk menunjang penanganan covid-19. “Ungkap Bupati”, Kemudian untuk saat ini ada sebanyak 70.000 paket lagi yang harus disiapkan untuk menunjang proses vaksinasi pada tahap sebelumnya.

Disamping itu, Wakil Bupati Gayo Lues, H. Said Sani mengatakan terkait vaksinasi untuk dosis kedua untuk segera dilakukan apabila waktunya sudah tiba. Jangan menunggu adanya warning dahulu baru dilaksanakan “ungkapnya”. Kemudian kepada orang tua anak agar diberikan pemahaman atau sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi. Kepada para vaksinator dirinya berharap agar seluruh vaksinator dapat mendekatkan diri dengan anak, guna menguatkan mental anak agar tidak takut untuk divaksin.

Pada kesempatan ini juga, Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syah Putra Bustamam, S.I.K., M.H mengatakan sejauh ini capaian vaksinasi sebanyak 75 persen ini hanya berjalan dengan seadanya. Sehingga dirinya meminta adanya komitmen dari semua pihak terkait apakah vaksin ini tetap dilanjutkan atau tidak. Apabila memang dilanjutkan, ia berharap agar adanya komitmen dari kita semua untuk bekerja secara optimal dalam meningkatkan capaian vaksinasi.

Kemudian terkait vaksinasi dosis kedua, dirinya menegaskan kepada seluruh pihak terkait dan petugas agar kembali mendata ulang, masyarakat mana yang belum melaksanakan vaksin dosis kedua, baik itu ditingkat Kecamatan bahkan sampai ke tingkat Dusun dan Desa. setelah terhitung selama 28 hari dari hari vaksin dosis pertama, segera lanjutkan untuk dosis kedua, jangan sampai teledor “tegasnya”. Meskipun negara belum memberikan target terhadap vaksinasi dosis kedua, akan tetapi ia menghimbau agar di Gayo Lues pelaksanaan vaksinasi untuk dosis kedua segera dilakukan begitu juga dengan vaksinasi terhadap anak.

Selanjutnya, Dandim 0113 Gayo Lues, Letkol Inf Yudhi Hendro Prasetyo menghimbau agar
dilakukan sosialisasi kepada orang tua murid atau anak, agar anaknya mau divaksin. Lakukan pemberitahuan atau himbauan melalu surat dan juga tindakan lapangan untuk mendukung proses percepatan pelaksanaan vaksinasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *