banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Pemkab Gayo Lues Dukung Penuh UMKM Memperkuat Perekonomian

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Pemerintah Gayo Lues mendukung penuh keberadaan UMKM dan produk lokal Gayo Lues dalam upayanya memperkuat perekonomian secara nasional. Demikian disampaikan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Saidi Sukri disela acara zoom meeting Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan Provinsi Aceh di ruangan kerja Bupati Gayo Lues, Senin (15/03/2022).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pemerintah pronvinsi, minat beli masyarakat terhadap produk impor sangat tinggi. Lemahnya daya saing harga produk lokal menyebabkan rendahnya daya beli masyarakat terhadap produk dalam negeri.

Sukri menyebutkan peningkatan produksi dari UMKM perlu ditingkatkan dan difokuskan pada produksi kerajinan kerawang Gayo. Hal ini ditujukan sebagai bentuk pelestarian budaya luhur Suku Gayo khususnya yang berada di Gayo Lues dan sekaligus meramaikan pasar dengan produk-produk daerah. Ia menyebutkan, dengan membawa ciri khas daerah sebagai fokus pengembangan, dapat memunculkan nama Gayo Lues dan meng-highlight identitas daerah.

“Pemerintah daerah sudah mengeluarkan peraturan memakai baju kerawang pada hari kamis, ini tentu membuka peluang demand yang tinggi bagi para pengrajin kerawang kabupaten” Ujar Saidi.

Mantapkan keikutsertaannya dalam mensukseskan program Nasional “Cinta Produk Indonesia” Pemerintah Kabupaten langsung mengambil langkah untuk menyiapkan tim khusus yang bertugas untuk mengobservasi jenis-jenis UMKM dan barang yang beredar di pasar lokal. Hal ini rencananya akan di data dan di masukkan dalam sistem P3DN untuk analisa langkah peningkatan produksi dan pendapatan unit usaha-usaha di kabupaten.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *