banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Pemateri LKII HMI Nasional, AKP Buyung Paparkan Integritas Penegak Hukum Dalam Stabilitas Keamanan Nasional

  • Bagikan

 

ROKAN HULU – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  Latihan Kader (LK) II, di Hotel Gelora Bakti Pasir Pengaraian, Rabu (23/3/2022).

Pada kesempatan itu, Kasat Reskrim Polres Rohul, AKP Buyung Kardinal SH MH, didaulat menjadi Pemateri Intermediate Traning.

Perwira Polres Rohul ini,  memaparkan materi soal “Integritas Penegak Hukum dalam Menjamin Stabilitas Keamanan Nasional” di hadapan puluhan peserta LKII yang berasal dari sejumlah daerah di Sumatera.

Dalam penjelasan, Kasat Reskrim menjelaskan seputar tugas pokok dan fungsi Polri dalam penegakan hukum serta menjaga stabilitas keamanan nasional.

Menurutnya, keberadaan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merupakan alat negara yang bertugas menjalankan fungsi negara sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan pengayoman dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Peranan utama Polisi awalnya menegakkan Hukum Pidana, sedangkan peranan tambahan adalah sebagai penjaga ketertiban,” lanjutnya

“Namun seiring bertambah kompleksnya masyarakat, maka petugas polisi juga mengemban fungsi untuk menegakkan peraturan administrasi, kegiatan pencegahan kejahatan, termasuk mengamankan program pemerintah,” terangnnya

“Contohnya vaksinasi dan pemulihan ekonomi di era pandemi” cakap AKP Buyung.

Tak hanya itu, lanjutnya, Polri juga terus melakukan pembenahan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian, menjadi pengayom dan pelindung masyarakat dalam  menjaga Kamtibmas.

Salah satunya seperti yang dilakukan Kapolri saat ini Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang mengusung Visi Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah dan cepat.

“Visi Presisi Kapolri ini adalah wujud nyata tranformasi Polri yang tidak hanya sebagai penjaga keamanan dan ketertiban namun namun juga menjadi pengayom pelindung dan pelayan masyarakat,” tegasnya.

Masih  AKP Buyung Kardinal SH MH juga mengajak kepada Mahasiswa yang tergabung dalam HMI agar dapat mendukung Polri dalam menjalankan tugas Kepolisian.

Ia juga mengapresiasi kegiatan LK II yang digelar HMI, yang dinilainya sebagai kegiatan positif serta menambah wawasan.

“Forum-forum diskusi dan literasi semacam ini harus terus di kembangkan,” urainya

“Saya apresiasi penuh terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi sarana generasi muda khususnya mahasiswa dalam menambah wawasan,” pungkasnya mengakhiri.

(Humas Polres Rohul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *