banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Muspika Blangpegayon Dukung Penyuluh Pertanian Budidayakan Tanaman Porang

  • Bagikan

 

GAYO LUES | Salah seorang Penyuluh Pertanian Abd Muthalib SP memperkenalkan tanaman Porang kepada masyarakat Blangpegayon dalam acara tersebut dihadiri oleh Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli, Kabid penyuluhan Suharni SP, Kabid Tanaman Pangan Idar SP, Danposramil Pelda Waqiman dan Danpospol Rio Kusuma serta masyarakat setempat.

Abd Muthalib SP kepada awak media Jumat (13/5/2022) mengatakan, dalam waktu dekat satu PPL dan satu orang petani Porang dari Pidie se Perovinsi Aceh di undang ke Jawa Timur mengenai dengan Budi Daya Porang. Saat ini dilereng gunung Louser Gayo Lues banyak terdapat tanaman Porang kalau bahasa Gayo nya kayu Pano.

Tanaman Porang yang berasal dari Madiun sangat jauh berbeda dengan kayu Pano yang terdapat dipergunungan Gayo Lues, salah satu perbedaan nya yaitu umbinya kayu Pano banyak mengandung air dan kayu Pano tidak ada yang namanya katak hanya umbi saja.

Ia juga telah menyiapkan penangkar bibit Porang dengan alamat Desa Bemem Buntul Pegayon Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues, masalah pemasaran buah Porang petani jangan ragu sekarang pabrik nya telah berdiri di Sumatera Utara bahkan mampu menampung puluhan ton dalam satu hari.

Menurut Abd Muthalib mulai menanam porang di lahan perkarangan rumah pribadinya mengaku tertarik mengembangkan porang karena melihat peluang besar dari budidaya porang ini.

“Saya mendengar bagaimana tingginya permintaan Porang akhirnya saya tergerak mencoba menanam umbi Porang, apalagi tanaman ini tidak terlalu sulit perawatannya, ini salah satu ikhtiar keluarga kami,” jelasnya.

Sementara itu Kabid penyuluhan Suharni SP mengucapkan terima kepada penyuluh pertanian Tebukit dan Umelah Abd Muthalib yang telah mampu membudidayakan tanaman Porang semoga bisa berkembang ke seluruh pelosok Gayo Lues.

Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli menjelaskan, Tanaman porang kembali menarik perhatian setelah beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo melarang ekspor porang dalam bentuk umbi. Presiden Jokowi menekankan bahwa tanaman porang akan menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia.

Umbi porang memiliki nilai jual tinggi umbinya memiliki kandungan Glucomannan dan kalsiumnya tinggi. Porang juga bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi, tetapi juga membuat lem organik serta penjernih air.

Camat Blangpegayon mendukung penuh terhadap Penyuluh Pertanian Blangpegayon untuk mengembangkan budi daya tanaman Porang karena wilayah Blangpegayon juga banyak tanaman kopi dan coklat sangat cocok kali disela-selanya kedua tanaman tersebut ditanam Porang,” jelasnya.

(Abdiansyah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *