banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Muspika Blangpegayon Bersama Ulama Gelar Pelatihan Pardhu Kifayah

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Dalam Rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam penyelenggaraan tata cara sholat jenazah tim penggerak dari Kecamatan mengadakan pelatihan pardhu kifayah kepada masyarakat, serta aparatur desa di Cinta Maju Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues Jumat (11/2/2022).

Dalam Sambutannya, Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli mengatakan, maka dengan adanya pelatihan fardhu kifayah ini diharapkan pesertanya bisa saling berbagi ilmu dalam pelaksanaan fardhu kifayah. Saya ingin agar para pemandu jenazah yang sudah ada dan yang baru saja mengikuti pelatihan bisa berbagi ilmu dengan orang lain.

Paling tidak dengan adanya pelatihan ini sebelum kita melakukannya pada orang lain, kita bisa melaksanakan fardhu kifayah pada sanak saudara dan keluarga kita terlebih dahulu, baru dilakukan dengan kemasyarakat sekitar kita,” ujarnya.

Dia mengharapkan, pembinaan dan pelatihan yang diberikan nantinya bisa dimengerti dan dipahami serta dapat menambah ilmu pengetahuan tentang penyelenggaraan jenazah. Sekaligus menjadi pengalaman bagi warga masyarakat maupun tokoh agama mengenai tata cara memandikan jenazah, mengkafani serta menyalatkan jenazah untuk kemudian bisa di praktikkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Walaupun nantinya ada bilal mayat yang akan melaksanakannya, tapi setidaknya kita paham apa-apa saja tahapan-tahapan dalam mengurus jenazah tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, mengurus jenazah ini sangat penting dan bagi umat Islam adalah fardhu kifayah. Untuk mengurus mayit harus mempunyai keterampilan dalam pemulasaran jenazah dan juga mengimami menyalatkan jenazah. Maka dari itu kegiatan ini diminta harus diikuti dengan serius dan dipahami dalam pelaksanaannya.

Pelatihan tata cara Pardhu Kifayah kita akan turun ke semua desa se Kecamatan Blangpegayon semoga ilmu fardhu kifayah ini semakin banyak yang mengetahui dan memberikan manfaat untuk kemaslahan umat, serta dapat mempraktekkan sesuai dengan materi pelatihan yang sudah diberikan oleh Tengku guru kita dari Pondok Pasantren Badrul Ulum,” ujarnya.

Pimpinan Pondok Pasantren Badrul Ulum Akang Siwah Blangpegayon Tgk Rasidin mengatakan, dirinya bersama Muspika akan turun ke desa-desa melatih masyrakat tentang pardhu kifayah, pembinaan seperti ini mulai dari menjenguk orang sakit hingga sampai selesai masalah ilmu pardhu kifayah, dalam satu bulan dapat tiga kali pertemuan dengan masyarakat dari dua belas desa,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *