banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Masa Pandemi Covid 19 belum berakhir, Babinsa tetap Aktif Dampingi Petani Wujudkan Swasembada Pangan

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Kondisi alam kabupaten Gayo lues sebagian tanah nya berdataran rendah serta hamparan lahan sawah yang luas di gunakan masyarakat sebagai lahan pertanian padi. Di anugerahi tanah yang subur serta beriklim tropis merupakan suatu kelebihan tersendiri bagi masyarakat setempat yang sebagian besar nya ber mata pencaharian sebagai petani.

Bidang pertanian merupakan salah satu faktor penting untuk mendorong meningkatkan taraf hidup masyarakat. selain menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran, juga untuk memicu pertumbuhan ekonomi khusus nya di pedesaan. Sehingga mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian di jadikan salah satu profesi andalan.

Sebagai bahan makanan pokok masyarakat, keseterdiaan padi tentunya harus selalu terjaga produksi nya. Berbagai Upaya pemerintah di lakukan bekerja sama dengan berbagai instansi termasuk dengan menggandeng TNI Angkatan darat untuk bisa bersama- sama mewujudkan swasembada pangan nasional sehingga produksi kebutuhan pangan untuk masyarakat tetap menjaga.

Kegiatan mensukseskan swasembada pangan program pemerintah juga di laksanakan oleh babinsa koramil 04/Kutapanjang jajaran kodim 0113/Gayo lues, atas nama serda Samsuir yang melaksanakan kegiatan pendampingan petani membantu memanen padi milik masyarakat desa Kong paluh kecamatan kutapanjang kabupaten Gayo lues, Rabu (14/04/2021).

Babinsa sebagai pengemban tugas di wilayah bekerja sama dengan PPL pertanian mempunyai peran yang penting dalam memajukan dan meningkatkan sektor pertanian masyarakat. Dengan cara terjun langsung mendampingi di lapangan, babinsa selalu memberikan arahan, motivasi, dorongan semangat serta memberikan pengetahuan pertanian kepada petani. Sehingga harapan nya produksi hasil padi nya bisa terus meningkat.

Pendampingan yang di lakukan oleh babinsa kepada petani terus berlanjut mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, perawatan tanaman, sampai dengan masa panen selesai. Selain untuk kebutuhan konsumsi sendiri hasil panen padi petani juga di jual ke pembeli dengan terus di lakukan pendampingan oleh babinsa.

Kegiatan pendampingan pertanian juga untuk mempererat kerja sama antara petani, PPL dan babinsa sehingga kegiatan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat serta mewujudkan swasembada pangan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *