banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Gayo Lues GalakkanTolak KDRT Terhadap Kaum Wanita

  • Bagikan

GAYO LUES, INFOGAYO | Prihatin dengan keberlangsungan nasib kaum wanita, pemerintah kabupaten Gayo Lues galakkan gerakan tolak tindakan KDRT terhadap kaum wanita di kabupaten.

Walau kasus KDRT di kabupaten tidak semarak catatan kasus di kabupaten di wilayah Provinsi Aceh lainnya, namun pemerintah menolak untuk menutup mata akan adanya kasus KDRT di lingkungan masyarakat kabupaten Gayo Lues.

Melalui BKMT Gayo Lues, Pemerintah galakkan sosialiasi sadar hukum bagi kaum perempuan demi bekali diri menanggangi terjadinya kasus KDRT dilingkungan masyarakat. BKMT mengundang sebanyak 3 narasumber dari berbagai sektor, mulai dari pihak kepolisian, Dinas Syariat Islam dan Kabag Hukum Setdakab.

Berdasarkan pengakuan ketua BKMT, Hj. Jamiah, faktor kemiskinan dan pendidikan menjadi penyebab besar terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Rendahnya faktor pendidikan menyebabkan rendahnya kesadaran akan menghormati kaum wanita, hal ini diperparah akan mirisnya tingkat perekonomian warga, sehingga semakin mendorong sisi emosional masing-masing pasangan suami istri.

“Rendahnya pendidikan dan ekonomi menyumbang besar pada angka kasus KDRT yang menimpa perempuan, tidak ada istilah “Lumrah dan Wajar”, kekerasan tetaplah tindakan melukai individu lainnya dan harus ditanggapi serius” ungkap ketua BKMT.

Memberikan pemahaman hukum kepada pada anggota BMKT kabupaten diharapkan mampu membawa dampak massive nantinya. Ketua BKMT menghimbau agar seluruh peserta pelatihan nantinya dapat menjadi penyambung tangan ke masyarakat luas, ikut serta menyebarkan pemahaman baik kepada anggota masyarakat untuk memberastas kasus KDRT yang menimpa perempuan.

Lisda, salah satu peserta sosialiasi menuturkan bahwa pemahaman akan kejinya perilaku KDRT dapat disebar luaskan juga kepada kaum pria. Ia menilai kesepakatan bersama baru bisa dicapai ketika kedua belah pihak bisa mengerti peran dan menghargai satu dan lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *