banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Camat Hadiri Musyawarah RAPBKp Kampung Blang Bengkik

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Musyawarah Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (RAPBKp) Kampung Blang Bengkik Tahun Anggaran 2022 Resam Kampung Blang Bengkik Nomor 03 Tahun 2021 berlangsung di Gedung Serba Guna dihadiri oleh Urang Tue dan anggota nya, perangkat desa, Imam Kampung serta masyrakat setempat Senin (14/2/2022).

Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli kepada awak media mengatakan, Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan oleh bupati/walikota mengenai kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa.

Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal, dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat.

Dana Desa dapat digunakan untuk membiayai kegiatan yang tidak termasuk dalam prioritas penggunaan Dana Desa setelah mendapat persetujuan bupati/walikota dengan memastikan pengalokasian Dana Desa untuk kegiatan yang menjadi prioritas telah terpenuhi dan/atau kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat telah terpenuhi.

Bahwa anggaran pendapatam dan belanja kampung sebagai wujud dari pengelolaan keuangan kampumg dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab sebesar besarnya pada kemakmuran masyrakat kampung.

Anggrana pendapatan dan belanja kampung tahun anggaran 2022 termasuk dalam peraturan kampung tentang anggaran pendapatan dan belanja kampumg disusun sesuai dengan kebutuhan penyelengaraan pemerintahan kampumg berdasarkan prinsip kebersamaan. Efisiensi, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan, lingkungan, dan kemandirian sehingga menciptakan landasan kuat dalam lingkungan, dan kemandirian sehingga menciptakan landasan kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyrakat adil dan makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Ia berharapa kepada Pengulu harus berhati-hati tentang penggunaan dana desa undang – undan nomor 14 tahun 2008 telah menyuruh pengguna anggaran pemerintah transparan terhadap publik. Jangan ada dalam pemerintahan wilayah Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo yang tersandung dengan hukum masalah pengelolaan dana desa.

Pendsmping Lokal Desa Rahman mengatakan, RAPBKam merupakan cikal bakal dari APBKp (Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung). APBKp sendiri merupakan turunan dari RKPKp (Rencana Kerja Pemerintah Kampung) selama satu tahun. Sedangkan RKPKp merupakan pelaksanaan dari RPJMKp (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung) yang dibuat oleh pemerintah kampung Kampung.

Sebelum pemerintah kampung membuat peraturan kampung tentang APBKp, terlebih dahulu membuat peraturan kampung tentang RAPBKp. RAPBKp yang dibuat oleh pemerintah kampung dengan persetujuan bersama Badan Permusyawaratan Desa/Kampung (Urang Tue) kemudian disetorkan kekabupaten untuk di evaluasi. Setelah dievaluasi oleh Bupati kemudian RAPBKp baru ditetapkan menjadi APBKp.

Dengan di anggarkanya semua bidang dalam belanja APBKp kampung Blang Bengkik tahun anggaran 2022, semoga mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia, sehingga pola pikir dan tingkat kesejahteraan masyarakat bisa jauh lebih meningkat. Mari kita berbuat untuk kampung kita, mari kita bekerja dan berkarya, bahu membahu membangun umum nya Kecamatan Blangpegayon khususnya desa Blangbengkik yang kita cintai ini,” jelasnya (tim).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *