banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Bupati Buka Pembukaan TMMD ke- 113 di Makodim 0113/ Gayo Lues

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -113 TA 2022 Kodim 0113/Gayo Lues dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, Rabu (11/05/22) di Makodim setempat.

Pada acara pembukaan, Dandim menyampaikan laporan kesiapan TMMD Reguler ke-113 TA 2022. Kegiatan TMMD TA 2022. yang dilaksanakan di Desa sangir, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, pada tanggal 11 Mei 2022 sampai dengan 09 Juni 2022, dengan sasaran berupa, sasaran fisik yang meliputi, pembukaan jalan sepanjang 4.000 meter, dengan lebar 6 meter, pembuatan jembatan dengan bentang 8 meter x 6 meter 1 titik, pembuatan gorong – gorong 9 titik, perehapan meunasah 1 unit, rumah tidak layak huni 1 unit, dan pembangunan rumah 1 unit.

Sementara sasaran non fisik meliputi, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan (stunting ), penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan pertanian, penyuluhan posyandu, dan penyuluhan Posbindu PTM.

Jumlah keterlibatan personel sebanyak 200 orang terdiri dari, Kodim 0113/Galus : 15 orang, SSK Yonif RK 114/SM : 80 orang, Zeni : 10 orang, TNI AL : 5 orang, TNI AU : 5 orang, POLRI : 10 orang, tim penyuluh : 16 orang, tim Keslap : 5 orang tim teknis : 4 : orang, dan masyarakat/hari : 50 oran

“Sebagai tambahan dibidang infrastruktur kami merehab kamar mandi Meunasah Kampung Sangir, Kecamatan Dabun Gelang untuk meningkatkan kekhusyukan masyarakat dalam beribadah.

Dibidang pertanian, kami adakan sosialisasi pembuatan pakan ternak. Kebetulan memang ada Babinsa Blangpegayon telah mampu membuat pakan ternak organik sehingga kita bisa membina masyarakat untuk membuat pakan ternak sendiri,” kata Dandim.

Sementara itu Bupati Gayo Lues mengatakan, TMMD tahun ini yang di pusatkan di Kp. Sangir, Kecamatan Dabun Gelang adalah untuk membuka akses jalan pertanian untuk masyarakat setempat. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kerjasama pembukaan jalan dengan TNI ini Pemda hanya mengalokasikan dana sekitar 1,5 miliar padahal bila di tenderkan melalui Dinas PUPR biayanya mencapai 2 miliaran lebih. Hal ini tentu terdapat penghematan hampir dua kali lipat.

“Kami mengapresiasi langkah- langkah dari TNI yang terus bekerja sama dengan Pemda. Dan TNI berperan sangat besar untuk mewujudkan visi misi kami terutama di bidang kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati menyampaikan, kalau disebut masyarakat Kampung Sangir miskin juga tidak seluruhnya benar, karena semiskin – miskinnya masyarakat disana memiliki ternak sapi dan kerbau. Dan kita semua sudah tau bagaimana ternak disana berkandang di jalan aspal. Dan kami minta bekerjasama dengan TNI untuk menanam rumput pakan ternak sekaligus membina pemilik ternak agar mau mengandangkan ternaknya pada malam hari. Sehingga kotoran sapi tidak berserakan di tengah jalan, ujar Bupati.

“Dan kami minta Camat Dabun Gelang untuk membantu TNI dalam acara TMMD ini, jangan sampai TNI kesulitan dalam segala hal terkait kegiatan TMMD ini. Sekaligus mendata secara lengkap baik jumlah penduduk maupun luas lahan pertanian agar kita bisa mengetahui secra pasti mengenai hal tersebut,” tambah Bupati.

Bupati melanjutkan, mengenai data stunting, Gayo Lues mendapat angka tertinggi di Aceh, untuk itu mari sama-sama kita perbaiki data ini secara ril dilapangan dan mencari solusi pada permasalahan tersebut. Walaupun data mencatat sebanyak 42 anak disetiap kampung di indikasikan stunting, namun faktanya di lapangan kita tidak menemukan anak stunting sebanyak itu.

“Kami minta kepada bapak Dandim untuk menyampaikan kepada pimpinan agar bisa membuka jalan Pining, Lesten ke Pulo Tiga, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang. Karena kami terkendala dengan peraturan hutan terlarang. Padahal sama-sama kita ketahui bahwa lahan yang ada disana subur subur dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutup Bupati.

Usai itu, dilanjutkan dengan penandatanganan penyerahan program TMMD ke-113 TA 2022 dari Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru kepada Dansatgas Letkol INF Yudhi Hendro Prasetyo.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru, Ketua DPRK Gayo Lues H. Ali Husin, Dandim 0113/Gayo Lues Letkol INF Yudhi Hendro Prasetyo, Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza, Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues Ismail Fahmi, SH, Ketua Pengadilan Negeri diwakili oleh Wahyu Nopriadi, SH, Ketua Mahkamah Syari’ah Tgk, Iswandi, ketua MPU Gayo Lues Tgk. Syahirman, para Kepala SKPK terkait, Sekcam Dabun Gelang Abdul Wahab, dan Pengulu Kampung Sangir Tamrin. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *