banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Buka Musrenbang Kecamatan Pining

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Gayo Lues,H. Irwansyah, S.Si.MM membuka kegiatan musrenbang Kecamatan Pining. Kamis (21/04/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung PMI Jalan Kol. Muhamaddin dan dihadiri Kepala Dinas Terkait, Camat Pining beserta seluruh Pengulu  Pining.

Dalam acara Musrenbang tersebut masyarakat Pining mengusulkan sejumlah program peningkatan dibidang perkebuna, seperti sarana produksi pertanian, bibit pinang dan durian, pupuk dan obat-obatan, serta peningkatan jalan perkebunan dan sarana irigasi. Selain itu, masyarakat juga  mengusulkan saluran penyediaan air minum dan normalisasi sungai dan pengelolaan sampah. 

Dalam kesempatan itu, Pengulu Desa Lesten Ahmad mengusulkan Saprodi bibit pohon pinang dan durian. Ia mengatakan kawasan Lesten yang memilki udara panas sangat cocok sebagai tempat mengembangkan pinang batara dan durian motong.

Ia juga menjelaskan, di Desa Lesten masih banyak lahan terlantar yang belum bisa dimanfaatkan karena masyarakat tidak memilki modal untuk meningkatkan usaha pertanian.

Sementara Pengulu Desa Pertik Zaenal mengusulkan pengelolahan sampah, selama ini sebutnya, masyarakat tidak memiliki tempat pengelolahan sampah dan tempat pembuangan akhir sampah.

Zaenal mengatakan pengelolaan sampah sangat di butuhkan di kecamatan Pining , menurutnya hampir semua desa di Pining memiliki permasalahan yang sama, untuk itu dirinya mengusulkan pengelolahan sampah agar sampah tidak berserak di kampung hingga menimbulkan bau busuk.

Sementara Gecik Ekan Bramsyah mengusulkan peningkatan jalan menuju ke sentra perkebunan yang ada di Munthe. Wilayah perkebunan di Munte yang berjarak sekira 3 km merupakan sentra produksi perkebunan masyarakat .

“Semua masyarakat Ekan memilki kebun di Munthe. Selama ini jalan sangat memprihatinkan karena kondisinya berbatuan berlobang dan licin semua. Dampaknya hasil perkebunan tidak bisa maksimal karena terhambat oleh Arus transportasi,” ujarnya.

Hal yang sama diusulkan Desa Gajah, mereka mengusulkan normalisasi sungai arah dari Pasir dan Desa Uring. Kedua Desa ini sering dihantam bencana banjir setiap waktu, sebab katanya, kedua Desa tersebut berada di bantaran sungai yang kerap mengamuk pada musim hujan.

Menyahuti berbagai usulan pembangunan masyarakat Kecamatan tersebut, Kabid SDM Bapeda Gayo Lues, Feri mengarahkan langsung kepada Dinas terkait guna dapat menyerap semua aspirasi masyarakat terkait dengan pembangunan.

“Musrenbang akan menjadi perencanaan pembangunan yang sesuai dengan  kebutuhan dan keinginan masyarakat,” Tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *