banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Asisten Bambang Waluyo Buka Pelaksanaan Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gayo Lues laksanakan Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues di Aula Hotel Tawar Dingin, Blangkejeren, Selasa ,(21/12/2021).

Asisten Administrasi dan Umum Ir. Bambang Waluyo dalam sambutannya menerangkan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa peraturan no 12 tahun 2002 menyatakan bahwa kenaikan pangkat bagi PNS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian PNS kepada negara.

Secara tegas disebutkan bahwa kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang karena prestasi kerja yang diperolehnya sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku.

Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan maka kenaikan seyogyanya diberikan secara adil dengan mekanisme yang berdasarkan asas kompetensi. Terkait dengan kenaikan pangkat, pemerintah telah menetapkan mekanisme berupa :

Ujian dinas tingkat i untuk memfasilitasi PNS yang berpangkat pengatur tingkat I golongan ruang II/d dan telah memenuhi syarat yang telah ditentukan (sekurang-kurangnya 2 tahun dalam pangkat II/d dan syarat-syarat lainnya) untuk dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi pada penata muda golongan ruang III/a.
Ujian dinas tingkat II untuk memfasilitasi PNS yang berpangkat golongan penata tk.I (III/d) dan kedudukan jabatan struktural eselon III untuk dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

Ujian penyesuaian ijazah untuk memfasilitasi PNS yang memiliki dan memperoleh ijazah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, juga dapat diberikan kenaikan pangkat pilihan sesuai dengan jenjang pendidikan ijazahnya dan ketentuan harus mengikuti dan lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.
Saya sampaikan ucapan terimakasih kepada bapak kepala kanreg XIII BKN Regional Aceh Bapak Pajak Mudani yang sudah berkenan hadir langsung di Gayo Lues dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini.

Semoga dengan adanya ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah ini, akan terwujud sdm aparatur yang professional dan kompeten dalam melakukan tugas-tugas pelayanan publik khususnya di lingkungan pemerintah kabupaten Gayo Lues Tutupnya.

Kepala BKPSDM Drs. Jamaludin dalam laporannya menyampaikan bahwa sesuai dengan surat edaran yang sudah disampaikan beberapa waktu yang lalu kepada seluruh SKPK tentang jadwal pelaksanaan ujian dinas dan penyesuian ijazah bagi Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Gayo Lues, maka pada hari ini kegiatan tersebut dilaksanakan.

Tentunya semua ini berdasarkan 1. Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; 2. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil; dan 3. Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 tentang ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2002.

Tujuan penyelenggaran Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues Tahun 2021 adalah untuk menguji dan mengetahui tingkat pemahaman peserta ujian terhadap tugas pokok dan fungsinya dalam jabatan masing-masing peserta, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari tidak lari dari tugas pokok dan fungsinya sebagai Aparatur pelayan masyarakat.

Selain itu Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah juga merupakan syarat bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan naik pangkat setingkat lebih tinggi yang sudah diatur oleh pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku paparnya
Lebih lanjut Drs. Jamaludin menyampaikan bahwa peserta Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues Tahun 2021 berjumlah 76 orang dengan rincian :

1. Ujian Dinas Tk. II berjumlah 13 orang

2. Ujian Dinas Tk. I berjumlah 24 orang
3. Ujian Penyesuaian Ijazah setingkat Sarjana berjumlah 37 orang

4. Ujian Penyesuaian Ijazah setingkat SMA berjumlah 2 orang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *