banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Kapolres Gayo Lues Sediakan Obat Disinfektan Hewan Ternak

  • Bagikan


Gayo Lues, Infogayo | Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Peternakan, Darmansyah Putra menyebutkan untuk mengantisipasi merebaknya penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi dan kerbau, Satgas PMK Gayo Lues melalui Kapolres Gayo Lues menyediakan obat herbal berupa ECO ENZIM yang dapat digunakan untuk disinfektan kandang.

Darmansyah menyebutkan, obat herbal ini dapat digunakan untuk penyemprotan terhadap ternak, kandang dan ECO ENZIM ini sangat baik di gunakan untuk ternak yang sudah terpapar utk di semprotkan ke mulut atau bagian kaki ternak yang sudah terluka untuk mempercepat penyembuhan.

“Kapolres Gayo Lues telah menitipkan ECO ENZIM ini di setiap Polsek yang ada di Gayo Lues dan juga di bidang peternakan utk memudahkan peternak mendapatkannya,” ungkapnya.

Selain itu, Darmansyah menjelaskan Satgas PMK Kabupaten Gayo Lues hingga hari ini telah menangani 423 ekor sapi dan kerbau yang terpapar virus PMK milik masyarakat Kabupaten Gayo Lues.

Darman mengatakan, dari 423 ternak yang terjangkit PMK tersebut sebanyak 332 berhasil di sembuhkan dan yang masih sakit sebanyak 89 ekor yg saat ini masih dalam penanganan tim kesehatan hewan dari bidang peternakan.

Adapun jumlah yang mati sebanyak 2 ekor, sementara untuk pencegahan tim Satgas PMK telah melakukannya vaksinasi sebanyak 1000 ekor ternak yang masih sehat atau yg belum terpapar PMK yang telah diselesaikan pada 4 Agustus lalu.

“Harapan tim satgas PMK Kabupaten Gayo Lues kepada masyarakat pemilik ternak untuk selalu mengawasi dan memantau ternaknya setiap saat, selalu menjaga kebersihan kandang sehingga terhindar dari Virus PMK,” terangnya.

Informasi tambahan untuk diketahui, bagi masyarakat yang ingin berkordinasi dan konsultasi terkait masalah virus PMK bisa menghubungi nomor hotline Satgas PMK Gayo Lues Hp. 085294490060
Hp. 085296996727

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *