Publik Rindukan Pemimpin Pintar Bukan Pencitraan, Pakar : Rizal Ramli

- Redaksi

Selasa, 4 April 2023 - 12:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA | Sejumlah tokoh digadang-gadang  bakal maju di pemilihan preaiden 2024 mendatang. Sebut saja, tua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Puan Maharani, sampai capres alternatif Rizal Ramli

Menurut pakar politik dari American Global University (AGU) Jerry Massie nama tokoh yang identik dengan konsep concern, building and changing tak lain adalah mantan Menko Ekonomi era Mendiang Presiden Gus Dur Rizal Ramli.

Rizal sudah teruji dalam urusan good and clean goverment, pemberantasan kemiskinan paling sukses dalam sejarah bangsa ini yakki dalam 2 tahun turun 10,2 juta. Dan adacyang mempu menyamai rekor peraih doktor dari Boston University ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Belum lagi tak ada impor dan beliau mempu menjaga stabilitas pangan terutama beeas., tarif listrik turun drastis, menolak intervensi asing sampai menyelamatkan bank tanpa bailout. Berbeda dengan era presiden lain.

Belum lagi, Rizal Ramli terkenal kritis ke bank dunia, debt-to-nature swap sampai economic forecast mulai dari brand market, market condition market condition sampai economic crisis

Yang mampu menyainhi dan menyamai rekor begawan ekonomi  era Soeharyo Widjojo Nitisastro, Ma’rie Muhammad dan Ali Whardana hanya RR yang berjuluk ‘Rajawali Kepret’ imi.

“Prabowo sulit menang pilprea begitupun Ganjar alasannya mereka titisan Jokowi. Program dan konsep Jokowi yang kurang efektif masih aka  dilanjutkan. Berbeda dengan Rizal Ramli yang berhaluan  right wing salah satu tokoh perubahan antitesa Jokowi.

Sebetulnya kata Jerry Anies dari sisi public policy baik,  tapi pernyataan Surya Paloh dimana konsep Jokowi akan dilanjutkannya membuat publik ragu-ragu. Ini terkesan bukan capres murni pembaharuan.

Baca Juga :  Ganjar Pimpin Groundbreaking Pabrik Samator Terbesar, Nilai Investasi Rp500 Miliar

“Saya pikir Rizal aktivis yang berani, getol membela kepentingan kaum marjinal, sampai jujur dan bukan tipikal hedodisme dan materialistis atau figur yang memperkaya diri. Jadi akan ada pembaharuan masif jika dia memimpin bangsa ini,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini.

Sementara pengamat politik lainnya Aminudin secara tegas menyebut ekonom senior Dr Rizal Ramli. “Yang bisa membawa perubahan lebih baik saat ini hanya Dr. Rizal Ramli. Rizal Ramli sudah teruji mampu mengatasi krisis ekonomi dan tata pemerintahan yang baik,” papar Aminudin.

Aminudin menegaskan, saat Rizal Ramli menjabat menteri perekonomian kabinet Gus Dur tercatat tercepat atasi kemiskinan 4.29% setahun dan mengurangi kesenjangan ekonomi di Indonesia yang ditunjukkan oleh indikator rasio gini.

“Tercatat koofisien Gini Ratio terendah Indonesia sepanjang 50 tahun terakhir terjadi di akhir zaman Gus Dur, yaitu sebesar 0,31. Yang terdekat dengan capaian Gus Dur adalah era Suharto di tahun 1993, Gini Ratio sebesar 0,32,” jelasnya.

Selama era Gus Dur, lanjut Aminudin, tim sukses ekonomi mengurangi beban utang sebesar USD 4,15 miliar. Selain itu yang juga secara mengagumkan, ternyata pertumbuhan yang terjadi di era Gus Dur lebih berkualitas dibandingkan era pemerintahan setelah hingga Jokowi sekarang ini.

“Karena kuncinya sukses menekan inflasi dan membangkitkan sektor riil terutama pertanian. Kualitas yang berbeda dari era pasca Gus Dur, yang pertumbuhan ekonominya mengikuti memburuknya distribusi pendapatan,” tegasnya.

Baca Juga :  OSO dan WARGA NU MAKIN MESRA

Sementara itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, capres yang ada saat ini Prabowo, Ganjar dan Puan, apakah juga mempunya visi perubahan, Jerry menilai, selain Rizal Ramli, selain Rizal Ramli, tak ada visi perubahan untuk bangsa.

“Jadi capres yang saat ini selain Rizal Ramli, hanya adopsi grand design Jokowi. Jadi kalau bukan antitesa Jokowi maka akan sulit bagi calon manapun menang,” katanya.

Ganjar, sambung Jerry, saat ini posisinya sudah terganjal, apalagi Ganjar telah menolak timnas Israel dalam dunia sepak bola U-20. Prabowo juga akan melanjutkan program Jokowi salah satunya IKN di Kalimantan. Saat ini Prabowo telah berubah total, ia tak segarang waktu lalu, ketika dia belum bergabung dengan Jokowi

“Contohnya banyak kebijakan Jokowi yang tak pro rakyat tak dihadangnya,” paparnya kepada Harian Terbit, Minggu (2/4/2023).

Menurutnya, Rizal Ramli adalah ekonom terbaik tanah air dan peduli rakyat kecil. Selain itu Rizal Ramli juga mempunyai grand strategy ekonomi dan master plan yang kuat untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik dan lebih sejahtera ke depannya.

“Saya complain narasi Yusril yang tak melihat capres alternatif yang anti pencitraan bahkan anti oligarki. Kalau saya nilai apa yang disampaikan dia (Yusril) bukan tipe dia juga,” tandasnya.

Jerry mengemukakan, saat ini publik ingin pemimpin yang pintar, bukan pencitraan. “Kalau krisis ekonomi maka Rizal Ramli jagoannya. Kalau public policy maka Anies jawaranya. Kedua tokoh ini masih di atas Prabowo, Airlangga, Ridwan Kamil sampai Ganjar,” tambahnya. Safari (RED)

Berita Terkait

Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka, Diminta Mundur dan Terancam Hukuman Seumur Hidup
Untuk Mendukung Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023, IWO Indonesia Gelar Donor Darah Dan Karnaval. Begini Kata Ketua Umum DPP IWO-I Pusat
Akan Lapor Dewas, ICW Desak Dewas Periksa Pimpinan KPK yang Salahkan Penyelidik Soal OTT Basarnas
Bambang Widjojanto: Firli Bahuri Sebaiknya Mundur
Kisruh OTT Basarnas, Koalisi Sipil dan ICW Desak Pimpinan KPK Diberhentikan
Abraham Samad: Pimpinan KPK Dungu dan Memalukan
Dukung Brigjen Asep, Para Pegawai KPK Protes Minta Pimpinan KPK Mundur
Mantan Penyidik Menuduh Pimpinan KPK Menghindar dari Tanggung Jawab
Tag :

Berita Terkait

Senin, 5 Februari 2024 - 17:14 WIB

Dana Kapitasi di Seluruh Puskesmas Gayo Lues Yang Besarnya Milyaran Rupiah, Dipertanyakan, Wow Ngeri!!!

Kamis, 28 Desember 2023 - 16:17 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun

Kamis, 28 Desember 2023 - 16:04 WIB

Tim Resmob Satreskrim Polres Gayo kembali berhasil amankan Satu Lagi Pencurian Tabung Gas Di Centong Bawah

Jumat, 22 Desember 2023 - 08:46 WIB

Panwaslih Gayo Lues Ajak Jurnalis Agar Turut Serta Awasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Mendatang

Jumat, 22 Desember 2023 - 08:31 WIB

Wujud Sinergitas, Koramil 08/Blangpegayon Dan Pospol Blangpegayon Laksanakan Komsos Dengan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:30 WIB

Danramil 07/Blangjerango Bersama Muspika Tinjau Pelaksanaan Imunisasi

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:16 WIB

Bhakti Sosial Kodim 0113/Gayo Lues Tentang Rehap Rumah Diresmikan Pangdam IM

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:44 WIB

Alhudri Sebutkan, Isu Pengungsi Rohingya Akan Ditempatkan Ke Perbatasan Gayo Lues Dan Aceh Timur Itu Tidaklah Benar

Berita Terbaru

GAYO LUES

Polres Gayo Lues Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun

Kamis, 28 Des 2023 - 16:17 WIB