Safari Ramadhan Muspika Blangpegayon Malam Kedua Berlangsung Hidmat

- Redaksi

Minggu, 26 Maret 2023 - 18:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues | Muspika Blangpegayon menggelar safari Ramadhan selama enam hari yang terdiri dari dua tim sudah menjadi agenda rutin tahunan, dalam pelaksanaan safari ramadhan 12 desa yang ada di kecamatan setempat.

Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli Minggu (26/3/2023) mengatakan, Safari Ramadhan Malam Senin terdiri dari dua grup yaitu grup A Desa Kute Bukit dihadir oleh Sekcam, Kasi PMK, Kasi Kesos, Mukim Senubung Jaya, Danramil 08 Blangpegayon, muspika dan anggota, selaku penceramah Tgk. H.Umar Ali KUA Blangpegayon.

Sementara itu di grub B tepatnya di Desa Tetingi dihadiri oleh Camat Blangpegayon, Kasi Pemerintahan, Kasi Trantib, Mukim Cinta Maju, Tgk Rasyidin pimpinan pondok Pesantren Badrul ‘Ulum Akang Siwah selaku penceramah, muspika dan anggota,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dalam kunjungan safari Ramadhan tingkat Kecamatan Blangpegayon, selain melaksanakan buka puasa bersama dirumah Pengulu, sekalian menjalin silaturrahmi antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Desa dalam rangka meningkatkan kebersamaan dengan perangkat desa dan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, persiapan pelaksanaan safari ramadhan tingkat Kecamatan ke desa, telah disampaikan dan disepakati didalam rapat koordinasi Pemerintah Kecamatan dengan para Pengulu dari 12 desa.

Kapolsek Blangkejeren IPDA Irwansyah mengajak masyarakat meningkat kan ibadah puasa sekalian orang tua jangan membiarkan anak nya untuk membeli petasan mercon, jangan biarkan anak main handphone android kalau masih usia pelajar. Didalam handphone banyak konten-konten porno.

Himbauan kepada masyarakat kalau membakar lahan kebun jangan sekali bakar semua, usahakan bertahap agar tidak menjalar ke kawasan hutan lindung,” jelasnya singkat.

Kunjungan Safari ramadhan ini, tak hanya momen silaturrahmi pemerintah Kecamatan Blangpegayon, akan tetapi kita menyampaikan program dan kegiatan serta kebijakan pemerintah daerah kepada pemerintah desa dan masyarakat,” sebutnya.

Baca Juga :  Halangi Tugas Dan Ancam Wartawan, Oknum Pemuda Dilaporkan

Danramil 08 Blangpegayon Kapten Inf Andrianto memperkenalkan dirinya kepada masyarakat Kute Bukit karena baru hitungan hari bertugas di Kecamatan Blangpegayon.

Bulan Ramadan yang merupakan ajang silaturahmi dengan sesama muslim dan sarana untuk menyampaikan pesan moral bagi sesama dan untuk meningkatkan silaturahmi dengan warga binaan nya.

Safari ramadhan inilah ajang sarana atau untuk meningkatkan silaturahmi dengan warga dan sedapat mungkin untuk mendengar dan menampung aspirasi dari warga yang didatangi bersama tim Muspika Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues.

Ia berharap agar masyarakat menjaga anak masing-masing melarang anaknya bermain mercon dan jauhi yang namanya narkoba.

Tgk Rasidin selaku penceramah Pimpinan Pondok Pesantren Badrul’Ulum Akang Siwah mengatakan, didalam bulan Ramadhan tiga golongan yang dapat menjalan ibadah puasa yaitu orang yang penuh beriman, didalam hadis menjelaskan puasalah engkau seolah olah engkau melihat ku, artinya puasa itu kita lah yang menjaganya, penuhkanlah diri kita jangan sempat ada puasa kita yang bolong.

Golongan yang kedua orang yang menghadapi puasa adalah orang yang berpuasa karna takut kepada atasan nya, bukan karna puasa taat kepada Allah SWT. Orang ini adalah menipu diri sendiri yaitu mendapatkan dosa yang besar.

Golongan ketiga tidak melaksanakan puasa sama sekali. Disakan hari bulan puasa sama saja dengan bulan bulan yang lainnya. Ia mengajak masyarakat Tetingi untuk melaksanakan Puasa karna nikmat yang diberikan oleh Allah yaitu berupa nekmat kesehatan.

Menurut nya 10 keutamaan di bulan Ramadan diantara nya, Bulan Al-Qur’an. Merujuk pada keutamaan ini, umat Islam dapat memperbanyak membaca Al-Qur’an selama berada pada bulan suci ini.

Bulan Kesabaran. Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa pada bulan Ramadan. Puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, melainkan juga segala hawa nafsu lainnya. Termasuk di dalamnya amarah.

Baca Juga :  Kapolsek Kutapanjang Kembali Laksanakan Jum'at Teraweh Tampung Keluhan Warga

Penuh Berkah. Bulan Ramadan juga disebut dalam hadits sebagai bulan penuh berkah. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan.

Dibukanya Pintu Surga. Keutamaan bulan Ramadan selanjutnya disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Hurairah RA artinya “Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Ada Malam Lailatul Qadar. Disebutkan dalam surah Al Qadr, malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ada Doa yang Mustajab Syaikh Rabi’ Abdurrauf Az-Zawawi mengatakan, keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah terdapat doa yang mustajab di dalamnya. Kita dapat memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah SWT salah satunya dengan berdoa.

Bulan Jihad dan Perjuangan. Sejarah mencatat perang besar umat Islam terjadi pada bulan Ramadan, tepatnya tahun kedua setelah hijrah. Perang tersebut adalah Perang Badar.

Diampuni Dosa. Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagaimana yang disebutkan dalam hadits ini. “Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari Muslim)

Bulan Berbagi. Umat Islam diwajibkan untuk memenuhi salah satu rukun Islam, yaitu zakat pada bulan Ramadan. Selain zakat, kita juga bisa memperbanyak sedekah dan infak selama bulan ini berlangsung.

Bulan Umrah. Syaikh Rabi’ Abdurrauf Az-Zawawi menyebut pahala umrah pada bulan Ramadan setara dengan haji bersama Rasulullah SAW,” jelasnya.

Abdiansyah

Berita Terkait

Dana Kapitasi di Seluruh Puskesmas Gayo Lues Yang Besarnya Milyaran Rupiah, Dipertanyakan, Wow Ngeri!!!
Polres Gayo Lues Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun
Tim Resmob Satreskrim Polres Gayo kembali berhasil amankan Satu Lagi Pencurian Tabung Gas Di Centong Bawah
Konferensi Pers Polres Gayo Lues Akhir Tahun 2023
Panwaslih Gayo Lues Ajak Jurnalis Agar Turut Serta Awasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Mendatang
Wujud Sinergitas, Koramil 08/Blangpegayon Dan Pospol Blangpegayon Laksanakan Komsos Dengan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat
Danramil 07/Blangjerango Bersama Muspika Tinjau Pelaksanaan Imunisasi
Bhakti Sosial Kodim 0113/Gayo Lues Tentang Rehap Rumah Diresmikan Pangdam IM

Berita Terkait

Senin, 5 Februari 2024 - 17:14 WIB

Dana Kapitasi di Seluruh Puskesmas Gayo Lues Yang Besarnya Milyaran Rupiah, Dipertanyakan, Wow Ngeri!!!

Kamis, 28 Desember 2023 - 16:17 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun

Kamis, 28 Desember 2023 - 16:04 WIB

Tim Resmob Satreskrim Polres Gayo kembali berhasil amankan Satu Lagi Pencurian Tabung Gas Di Centong Bawah

Jumat, 22 Desember 2023 - 08:46 WIB

Panwaslih Gayo Lues Ajak Jurnalis Agar Turut Serta Awasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Mendatang

Jumat, 22 Desember 2023 - 08:31 WIB

Wujud Sinergitas, Koramil 08/Blangpegayon Dan Pospol Blangpegayon Laksanakan Komsos Dengan Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:30 WIB

Danramil 07/Blangjerango Bersama Muspika Tinjau Pelaksanaan Imunisasi

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:16 WIB

Bhakti Sosial Kodim 0113/Gayo Lues Tentang Rehap Rumah Diresmikan Pangdam IM

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:44 WIB

Alhudri Sebutkan, Isu Pengungsi Rohingya Akan Ditempatkan Ke Perbatasan Gayo Lues Dan Aceh Timur Itu Tidaklah Benar

Berita Terbaru

GAYO LUES

Polres Gayo Lues Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun

Kamis, 28 Des 2023 - 16:17 WIB