banner 970x250
banner 970x250
banner 970x250

1 Medali Perak dan 2 Perunggu, Kembali di Sumbangkan Cabor Taekwondo

  • Bagikan

 

Jakarta – Cabang olahraga Taekwondo kembali menyumbangkan 3 buah medali sehingga berhasil menambah perolehan medali untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2022, setelah sebelumnya berhasil meraih 3 perunggu di nomor poomsae (jurus).

Kali ini di nomor kyorugi (tarung) taekwondo berhasil mempersembahkan satu medali perak dan dua perunggu di hari Selasa (17/5).

Medali perak didapat Silvana Lamanda yang turun di nomor Kyorugi 67 Kg. Atlet muda yang baru pertama kali turun di Sea Games ini kalah dari wakil tuan rumah Vietnam, Thi Kiem Bac di partai final. Atlet tuan rumah itu juga merupakan juara bertahan atau peraih emas di Sea Games dua tahun lalu. Sebelumnya di Semifinal, diluar dugaan Silvana berhasil mengalahkan atlet Filipina Laila Delo yang merupakan peraih medali perak di Sea Games sebelumnya.

Dua medali perunggu diraih Reinaldy Atmanegara yang tampil dikelas 54 kg putra dan Ni Kadek Heni prikasih dikelas 46 Kg putri.

Reinaldy harus tersisih di semifinal melawan musuh bebuyutannya karena kerap bertemu. Baik digelaran Sea Games maupun di beberapa event Internasional. Rei kalah secara suddent dead dari atlet asal Thailand Panachay Jajulla yang akhirnya di final Ia harus puas mendapatkan perak. Emas di nomor ini di raih atlet Filipina Kurt Bryan Bilboa.

Sementara itu, medali perunggu lain di peroleh dari atlet asal Bali Ni Kadek Heni Prikasih. Langkah Ni kadek terhenti di semifinal. Ia dikalahkan alet tuan rumah Truong Thikim Tuyrn yang akhirmya sukses meraih emas untuk negaranya dengan mengalahkan atlet asal Thailand, Chutikan Jongkol Attawattana.

Terkait raihan medali di empat nomor kyorugi ini, Kabid Binpres Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Yefi Triaji mengatakan bahwa, para atlet bermain sudah cukup bagus. Teknik dan fisik mereka juga baik. Hanya saja dirinya melihat ada kekurangan dalam hal penerapan strategi bertanding dan variasi serta ritme dalam melancarkan serangan.

“Pelajaran penting yang harus terus di evaluasi adalah terkait dengan strategi bertanding para atlet. Atlet harus benar-benar fokus pada strategi apa yang dilakukan lawan. Kalo teknik dan fisik tidak ada masalah. Semoga pertandingan besok atlet bisa lebih maksimal,” terang Yefi melalui keterangannya, Selasa (17/5).

Ketua Umum PBTI, Letjen TNI ( Purn) Thamrin Marzuki yang ikut mendampingi para atlet menyatakan bahwa, Cabor taekwondo masih memliki peluang menambah medali. Tentu harapannya adalah medali emas. Masih ada Bassam Raihan yang akan tampil dinomor 63 Kg putra, Mariska Halinda di nomor 57 Kg putri dan Ossanada Nauval yang tampil di kelas 74 kg.putra. (Red).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *